7 Tempat Terbaik Rafting Di Indonesia

tempat-rafting-di-indonesia
tempat rafting di Indonesia

Mungkin hampir dari kita mengenal atau pernah mendengar olahraga Arung Jeram atau Rafting, kegiatan ini awal mulanya merupakan sebuah kegiatan olah raga air, namun dalam perkembangannya arung jeram ini telah berubah menjadi suatu kegiatan wisata. 

Arung jeram merupakan kegiatan mengarungi alur sungai dengan menggunakan sarana / alat yang terdiri dari perahu karet, kano dan dayung. Arung jeram sebagai kegiatan kelompok, sangat mengandalkan kekompakan, Kerja sama dan pengertian yang mendalam antar awak perahu.

Beberapa peralatan atau perlengkapan yang perlu dipersiapkan sebelum melakukan kagiatan arung jeram antara lain :

Pelampung bisa disebut juga float berfungsi membantu rafter yang jatuh ke air untuk terapung ke permukaan. Fungsi lainnya sebagai pelindung badan terhadap benturan.

Buat kamu yang sedang mencari tempat untuk rafting, Berikut tempat yang bisa kamu kunjungi.

Sungai Alas di Aceh Selatan 

Jalur yang akan ditempuh ketika melaukan arung jeram mulai dari Muarasitulan di Kutacane sampai ke Gelombang. Selama di perahu karet kamu akan melewati hutan dan desa penduduk setempat yang masih tradisional. Jika kamu sudah berpengalaman, kamu bisa memilih rute lebih jauh, mulai dari Angusan di dekat Blangkejeran.

Sungai Asahan di Sumatera Utara 

Siapa yang tidak kenal Sumatera Utara atau di kenal dengan kota Medan ini? Selain wisata gunung dan danau medan juga terkenal dengan olahraga arum jeram di sungai asahan. Sungai ini sangat menantang untuk arung jeram. Arus sungai Asahan ini memiliki kecepatan mencapai 20 meter kubik per detik. Arus disini memiliki grade +4 dan +5 yang dijadikan tempat pertandingan rafting tingkat internasional dan nasional. Sungai ini memiliki panjang 22 kilometer dari Desa Tangga. Sungai Asahan termasuk sebagai arung jeram terbaik ketiga di dunia, setelah Zambesi di Afrika dan Sungai Colorado di Amerika Serikat. 

Sungai Batang Tarusan di Sumatera Barat 

Dari jalan, sungai ini suda terlihat dari jalan lintas Padang-Painan. Rute sungai ini dimulai dari Desa Taratak berjarak 20 menit dari Jalan Lintas Padang. Tingkat kesulitan sungai ini ada di grade +2 sampai+3 pada saat musim kemarau pada saat musim hujan kesulitan arus ini mencapai grade +4. Pengarungan jam sampai finish bisa mencapai 2 sampai 3 jam.

Sungai Manau di Jambi

Melakukan arung jeram disini sangat menarik karena kamu akan melintasi perbukitan dan lembah. Rute yang dimiliki disini tidak terlalu berbahaya, masih cocok untuk dilakukan untuk pemula.

Sungai Manna di Sumatera Selatan. 

Rafting di Sungai Manna sangat unik karena membelah dua provinsi, yaitu Provinsi Bengkulu dan hulunya berada di Sumatera Selatan. Lokasi yang sering dilakukan arung jeram berada di Tanjung Sakti Bukit Barisan. Tingkat kesulitan yang dimiliki sungai Manna mencapai grade 4 dan memiliki anak sungai di beberapa lokasinya.

Sungai Citarik di Jawa Barat 

Sungai Citarik berlokasi di area Taman Nasional Gunung Halimun. Rafting citarik begitu sangat terkenal sampai-sampai menjadi destinasi wisata favorit bagi pelancong. Rute terpendek bisa di arung hanya dengan wakti satu jam. Tingkat kesulitan cocok untuk pemula hingga profesional.

Sungai Serayu di Jawa Tengah 

Jika kamu sedang berkunjung ke Kawasan dieng, sempatkan untuk melakukan wisata arung jeram yang berada di Sungai Serayu Wonosobo. Lokasi arung jeram ini sangat strategis. Untuk memulai arung jeram bisa dari Jembatan Desa Belimbing, Wonosobo dan Desa Prigi Kabupaten Banjarnegara. Tingkat kesulitan dari 2 hingga 4.